Selasa, 15 September 2015

Pengelolaan MSDM melalui Proses Rekrutment

MSDM, REKRUTMEN

Pengertian REKRUTMEN
           
            Salah satu kunci utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional adalah terletak pada proses recruitment, seleksi, training and development calon tenaga kerja. Mencari tenaga kerja yang professional dan berkualitas tidaklah gampang. Salah satu fungsi MSDM yang khusus mendapatkan calon-calon karyawan untuk kemudian di seleksi mana yang paling baik dan yang paling sesuai dengan persyaratan yang diperlukan salah satunya melalui recruitment. Semuanya ini menjadi tugas dan tanggung jawab utama dari department SDM. Oleh karena itu biasanya perusahaan harus mempertimbangkan secara hati-hati sebagai alternative sebelum memutuskan recruitment, alternative terhadap recruitment antara lain : overtime, subcontracting, temporary employees dan employee leasing

            Proses rekriutment atau seleksi yang dilakukan di perusahaan PT. TMMIN Sunter, melalui beberapa instrument yang tentu saja berbeda dengan perusahaan lainya, berikut tahapanya : Evaluasi berkas (dokumen), Tes Kemampuan Dasar atau test potensi akademik (TPA) ablity test, test psikologi, interview HRD, Interview user, test Kesehatan. Berikut pembahasanya :

1.              Evaluasi berkas :
Dalam tahapan ini si pelamar akan di check melalui latar belakang universitas atau pendidikan terakhir dari si pelamar. Untuk yang lulusan SMA/sederajat untuk 3 Mata pelajaran (Matematika, Fisika, B.inggris) , nilainya harus memenuhi standard, yakni 8
Untuk sarjana dan diploma : ada kriteria dari lulusan mana dia berasal, untuk area ring 1 ( PTN (Perguruan tinggi Negeri: UI, ITB,ITS,UGM,Undip), Swasta : (Binus, Univ. Kwik Kian Gie, UPH dan lain-lain)


2.              Test Potensi Akademik :
Test kemampuan dasar merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengukur kegesitan mental seseorang ketika berurusan dengan obyek kata (verbal), angka numeris dan gambar(figural). Terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang besar berhasil menangani masalah yang bersifat intelektual.

3.              Test Psikologi
Test untuk menilai perilaku seseorang melalui metode kuisoner dan Tanya jawab oleh seorang psikolog yang menuju tentang fungsi kognitif dan emosional. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologi ada psikometri.

4.              Interview HRD
Dari ketiga test diatas menggunakan pihak ketiga sebagai penyelenggara. pada saat test interview HRD barulah seseorang dilihat secara fisik maupun dirinya. Pada tahap test ini dilakukan wawancara mengenai kepribadian, dan latar belakang dirinya. Biasanya HRD akan memutuskan untuk dibagian mana, posisi apa, dan pekerjaan apa yang pantas mengenai kepribadian dirinya.

5.              Interview user
finalisasi terakhir dalam proses perekrutan, biasanya ada dalam tahap ini, Supervisor, Manager dan Div Head biasanya hadir dan menanyai si pelamar apakah anda berhak kerja dengan saya, apakah yang anda punya, jelaskan secara singkat agar saya menyukai anda (contoh beberapa pertanyaan umum). Pada tahap ini juga si pelamar berhak menanyai pekerjaan apa yang akan nanti dikerjakan, atau pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan khusus pelamar dengan tepat.

6.              Test Kesehatan ( Medical Check Up)
Evaluasi medis pelamar sebelum keputusan memperkerjakan karyawan tersebut, normalnya, evaluasi tersebut terdiri dari atas ceklis kesehatan yang meminta pelamar menunjukan informasi kesehatan dan kecelakaan. Angket kadang-kadang ditambah dengan pemeriksaan fisik oleh perawat atau dokter perusahaan

            Proses seleksi karyawan baru merupakan kegiatan penting bagi perusahaan maupun bagi calon karyawan itu sendiri. Mempertahankan ataupun mengembangkan suatu system seleksi yang menghasilkan karyawan produktif dan mencari peluang untuk meningkatkan cara kerjanya sangat penting untuk keberhasilan perusahaan

Daftar pustaka :

1.         Gomes. Cardoso faushino. 2000. Management Sumber Daya Manusia. Andi : Yogyakarta.

2.         Notoadmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia, cetakan Ketiga. Rineka Cipta : Jakarta. Pasca Unhas. 2011. Jurnal.

3. Qolby, isnaedil. 2013. Konsep penempatan pegawai. (Online),

4.      Seleksi, rekruitmen, dan penempatan kerja : Makalah Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Univ Brawijaya

5. Definisi test psikotest dan Test potensi Akademik     
https://id.wikipedia.org/wiki/Tes_psikologi

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar